Jenis Panel Kontrol Hosting yang Perlu Anda Ketahui

  • Whatsapp

Meski terlihat sederhana, menyenangkan, dan bisa dilakukan oleh siapa saja, namun aktivitas blogging juga perlu diimbangi dengan beberapa pengetahuan dasar, salah satunya berkaitan dengan control panel. Apa itu panel kontrol?

Jenis Panel Kontrol Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Secara umum, panel kontrol adalah aplikasi atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu blogger dan pengembang web mengelola server situs web.

Jenis-Panel-Kontrol-Hosting-yang-Perlu-Anda-Ketahui

Baca juga:
– Ketahui apa itu hosting dan apa jenisnya
– Mengetahui apa itu domain dan penjelasannya
– Cara membeli hosting untuk situs web
– Cara uninstall WordPress di CPanel dengan mudah dan cepat.

Saat ini ada puluhan jenis panel kontrol yang tersedia di pasaran.

Sebagai website builder, Anda dapat memilih jenis control panel gratis atau berbayar sesuai dengan kebutuhan Anda. Di bawah ini adalah daftar lengkap jenis panel dengan ringkasan pro dan kontra masing-masing.

Jenis Panel Kontrol Hosting

Saat ini control panel tidak hanya terbatas pada cPanel, Plesk, atau Direct Admin. Bagi Anda yang ingin mencoba panel jenis baru, daftar di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi yang tepat.

1. Panel kontrol

Bagi yang belum familiar dengan cPanel, control panel jenis ini sudah sangat populer di antara jutaan orang berkat tampilannya yang user-friendly dan dukungan fitur yang luas untuk mendukung kebutuhan manajemen server. Di Indonesia, control panel ini juga banyak digunakan ketika memilih paket hosting murah dengan cPanel untuk menarik minat konsumen lebih banyak lagi.
Didukung oleh GliaStudio

Seiring dengan DirectAdmin dan Prest, cPanel sekarang banyak digunakan oleh perusahaan hosting besar untuk mempermudah pelanggan. Sayangnya, biaya berlangganan cPanel relatif tinggi, sehingga Anda harus membayar biaya tambahan jika memutuskan untuk menggunakan panel kontrol ini di server mandiri seperti VPS atau dedicated server.

2.Panel siber

Cyberpanel merupakan salah satu control panel yang saat ini sedang naik daun. Pasalnya, control panel ini tidak hanya gratis tetapi juga ringan dan telah didesain dengan berbagai fitur untuk memudahkan pengelolaan server.

Bagaimana dengan keamanan? Tenang, Cyberpanel yang berjalan di OS Linux bisa dipadukan dengan berbagai sistem keamanan canggih seperti Imunify atau teknologi lainnya sesuai kebutuhan Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

3. Plesk

Seperti disebutkan dalam paragraf sebelumnya, Plesk adalah salah satu panel kontrol terbaik yang populer di kalangan blogger dan pengembang web. Panel kontrol ini memiliki tampilan yang relatif bersih dan sederhana, namun tetap intuitif untuk digunakan.

Pengguna Plesk sendiri tersebar di seluruh dunia, namun sebagian besar pengguna berada di wilayah Eropa, karena banyak penyedia hosting di wilayah ini menggunakan panel kontrol jenis ini.

4. Admin Langsung

Opsi panel kontrol lain yang direkomendasikan selain cPanel dan Plesk adalah Admin Langsung. Anda mendapatkan kemudahan dan kecepatan saat menggunakan Direct Admin. Selain itu, teknologinya juga sangat stabil, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika menjalankannya di sistem operasi Linux atau Windows.

Beberapa fitur yang terdapat di DirectAdmin antara lain backup, pembuatan database, akun reseller hosting, SSL, email hosting, dan banyak lagi.

Selain itu, biaya berlangganan bulanan DirectAdmin jauh lebih murah meskipun memiliki banyak fitur seperti cPanel.

5. Webmin

Webmin adalah jenis panel kontrol yang dirancang khusus untuk berjalan pada sistem sederhana seperti Unix dan Linux. Namun, kinerja Webmin cukup baik dan memuaskan untuk ukuran panel kontrol gratis yang ada di pasaran.

Ada beberapa fitur umum di Webmin untuk mempermudah pengelolaan server web, seperti: B. Pengelolaan web FTP, server email, domain addon, dan banyak lagi lainnya.

Dibandingkan dengan aplikasi panel kontrol lainnya, Webmin tidak direkomendasikan untuk pengguna pemula. Alasan untuk ini adalah bahwa beberapa fungsi cukup rumit dan kompleks dan perlu dioperasikan melalui antarmuka yang kurang ramah pengguna.

6. Kloxo

Kloxo adalah panel kontrol hosting gratis. Anda dapat menggunakan Kloxo untuk mengelola server berbasis Linux yang berjalan di sistem operasi CentOS atau RedHat. Berbagai teknologi yang bisa Anda dapatkan dari panel kontrol ini antara lain Spam Filter, FTP, Perl, CGI, PHP dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur dasar seperti pencadangan dan pemulihan, pengiriman pesan, modul tiket, dan pengaturan admin untuk menjalankan situs web secara mandiri di server

Baca Juga :

https://aprikalsel.co.id/

Related posts