Chairman Adalah

  • Whatsapp

Dalam sebuah perusahaan, ada cukup banyak istilah yang menggunakan bahasa asing, salah satunya ialah chairman. Chairman adalah kata yang merujuk pada posisi seseorang dalam hierarki tertentu.

Masing-masing posisi dalam perusahaan sudah memiliki tugas dan tanggung jawab. Namun semua posisi tersebut memiliki tujuan akhir yang sama, yakni meningkatkan pendapatan perusahaan. Berikut ini akan dipaparkan tentang chairman lebih jauh. Penasaran? Ayo lanjut simak.

Pengertian Chairman

Pengertian-Chairman

Jika meninjau Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, chairman adalah ketua. Jika hendak dijelaskan lebih jauh lagi, maka maksud dari chairman ialah seseorang yang kedudukannya paling senior di dalam jajaran direksi suatu perusahaan atau organisasi.

Dalam kalimat yang lain, bisa disebutkan bahwa chairman adalah seseorang yang paling tinggi kedudukannya dalam perusahaan yang dicalonkan dan terkait dengan jajaran direksi perusahaan secara hukum.

Oleh sebab itu, dewan direksi ini akan bertanggung jawab atas berbagai pernyataan yang menjadi upaya atau strategi perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya.

Chairman Job Description: Tugas dan Tanggung Jawab

Chairman-Job-Description-Tugas-dan-Tanggung-Jawab

Karena merupakan posisi tertinggi, tidak serta merta chairman adalah posisi yang tepat untuk bersantai. Memang kelihatannya pekerjaannya enak, hanya rapat dan sering melakukan pekerjaan di luar kantor. Akan tetapi, chairman juga mempunyai tugas dan tanggung jawab khusus.

Adapun tugas dan tanggung jawab chairman adalah sebagai berikut.

  • Memimpin perusahaan dan bisa menerbitkan sejumlah kebijakan untuk kebaikan perusahaan
  • Memilih, menetapkan dan juga mengawasi tugas setiap karyawan serta manajer atau kepala bagian yang terlibat di dalam perusahaan
  • Menyetujui anggaran tahunan perusahaan
  • Menyampaikan kegiatan dan juga proses kinerja perusahaan kepada para pemegang saham
  • Tanggung jawab terhadap pihak ketiga serta hukum telah ditentukan untuk masing-masing jenis perusahaan yang didirikan seperti Firma, Persekutuan Komanditer dan Perseroan Terbatas

Tipe Pemimpin Chairman

1. Tipe Inovator

Tipe-Inovator

Jika meninjau Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, inovator artinya orang yang memperkenalkan metode, gagasan dan hal-hal yang baru lainnya.

Berdasarkan pengertian tersebut, tentu wajar bila dikatakan bahwa seorang inovator memiliki kegigihan mengingat inovasi itu bukan hanya tentang ide yang wah, namun juga diperlukan tekad untuk mewujudkannya.

Seorang inovator juga akan terbuka pada kemungkinan-kemungkinan baru, berani mengambil risiko sehingga juga siap membuat kesalahan, penuh rasa penasaran serta mampu mengkombinasikan berbagai hal yang sebelumnya tidak terkait menjadi sesuatu yang baru dan mempunyai nilai tambah.

Chairman dengan tipe inovator ini diisi oleh banyak nama yang beberapa diantaranya sudah terkemuka. Beberapa nama tersebut contohnya adalah Mark Zuckerberg, sang founder sekaligus CEO Facebook. Kemudian ada Steve Job yang merupakan salah satu pendiri Apple.

Tentu masih banyak deretan nama yang lainnya. Gaya kepemimpinan yang mereka tunjukkan bisa saja berbeda. Namun kesamaan yang mereka miliki ialah inovasi itu diciptakan dan mengarah pada menghasilkan aset yang besar.

2. Tipe Pionir

Tipe-Pionir

Pionir jika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI ialah pembuka jalan, perintis jalan, pelopor dan penganjur. Umumnya, seorang pionir ini memiliki gaya kepemimpinan sebagai berikut.

  • Tidak egois atau tidak mementingkan diri sendiri. Mereka biasanya tidak memberikan hak eksklusif kepada dirinya sendiri serta memiliki sifat selalu memberikan pelayanan yang terbaik
  • Memiliki kekuatan yang berupa berpikir lebih jauh ke depan serta tidak bernilai konvensional
  • Mengambil keputusan yang besar. Ambil contoh dalam hal ini adalah Michael Dell yang merupakan CEO Dell Inc. Keputusan besar yang pernah diambilnya ialah menjual produk Dell dari satu pintu ke pintu yang lainnya

3. Tipe Motivator

Tipe-Motivator

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, motivator itu merupakan orang atau perangsang yang mengakibatkan munculnya motivasi pada diri orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Selain itu, motivator juga berarti penggerak dan pendorong.

Salah satu contoh chairman dengan tipe ini ialah W. James McNerney, Jr. Dia adalah seorang CEO dari The Boeing Company yang lahir pada tahun 1949 silam di Rhode Island. Sebagai seorang motivator, dia menunjukkan beberapa gaya kepemimpinan berikut ini.

  • Mengambil keputusan yang besar dengan memulai bekerja di GE Asia yang setelah itu menjadi global saat dia bergabung
  • Memiliki kekuatan utama yang salah satunya berupa kemampuan dalam memperluas potensi sumber daya manusia
  • Dia adalah orang yang inspirasional, rasa ingin tahunya tinggi, dan merupakan seorang visioner yang amat efektif

Perbedaan Antara Chairman, Direktur, Komisaris, Presdir dan CEO

Orang-orang yang tidak berkecimpung di dalam perusahaan mungkin akan kesulitan dalam membedakan beberapa istilah yang tampak memiliki arti sama. Beberapa istilah yang sering disebut ialah chairman, direktur, komisaris, presdir dan CEO.

Semua istilah tersebut nyatanya memiliki perbedaan, dan perbedaan antara CEO, presdir, komisaris, direktur dan chairman adalahsebagai berikut.

1. Chairman

Chairman

Chairman sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya merupakan seseorang yang paling tinggi kedudukannya dalam perusahaan. Dengan kata lain, chairman adalah direktur teknis perusahaan. Chairman merupakan pemimpin dewan direksi yang bertanggung jawab dalam mengatur perusahaan.

Selain mengemban tugas-tugas yang telah disebutkan sebelumnya, seorang chairman juga mengemban tugas khusus. Diantaranya ialah mewakili manajer, menjalin komunikasi yang baik dengan eksekutif senior dan CEO serta merumuskan strategi untuk perusahaan.

Selain itu, chairman juga bertugas menjalin hubungan yang baik dengan dewan direktur untuk masyarakat umum serta pemegang saham, dan sekaligus menjaga integritas perusahaan.

2. Direktur

Direktur

Sementara seorang direktur, ini adalah orang yang memang ditunjuk untuk memegang tanggung jawab utama perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas atau PT. Direktur ini bisa saja pemilik perusahaan atau seorang profesional yang ditugaskan oleh pengusaha untuk menjalankan perusahaan.

Direktur merupakan orang yang memiliki tugas untuk memberikan bimbingan melalui pemberian arahan, bantuan, nasihat, penerangan dan lain sebagainya. Kaitannya dengan hal tersebut, seorang direktur juga memiliki tugas umum sebagai berikut.

  • Mengimplementasikan visi serta misi perusahaan
  • Menyusun strategi bisnis perusahaan
  • Melakukan evaluasi terhadap perusahaan
  • Mengadakan rapat
  • Menunjuk orang untuk memimpin proyek atau suatu divisi untuk membantunya
  • Mengawasi situasi bisnis

3. Komisaris

Komisaris

Komisaris merupakan sekelompok individu yang ditunjuk atau dipilih untuk mengawasi proses berjalannya kegiatan yang terdapat dalam lingkungan perusahaan atau organisasi. Jika diistilahkan dengan kata lain, maka komisaris ini bisa disebut dewan pengawas.

4. Presdir

Presdir

Presdir merupakan singkatan dari presiden direktur. Ada perusahaan yang dikelola serta dijalankan oleh seorang manajer, orang itulah yang disebut dengan presdir.

5. CEO

CEO

Chief Executive Officer atau yang biasa dikenal dengan CEO pada dasarnya juga merupakan jabatan yang tinggi dalam suatu perusahaan. Orang yang menduduki jabatan ini bertanggung jawab terhadap stabilitas perusahaan, atau dengan kata lain mempunyai kewenangan untuk menjalankan perusahaan.

Seorang CEO mempunyai tugas dalam hal pengembangan sekaligus implementasi strategi tingkat tinggi, administrasi operasi perusahaan, mengambil keputusan di perusahaan serta merupakan titik pusat komunikasi antara manajer operasional dan dewan direksi.

Akan tetapi, peran CEO untuk setiap perusahaan itu berbeda-beda tergantung ukuran perusahaannya. Dalam perusahaan yang skalanya kecil, CEO tentu mempunyai banyak peran di dalamnya. Namun jika perusahaan itu besar, peran CEO lebih terkait dengan manajemen umum dan strategi yang lebih tinggi.

Pada intinya, chairman adalah suatu posisi yang hanya diduduki oleh orang-orang tertentu. Mereka yang menempati posisi ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar, utamanya memimpin perusahaan agar bisa meraih apa yang diinginkan.

 

Baca Juga :

Related posts