INILAH Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi

  • Whatsapp

JADI gunakan aplikasi Cares Protect, termasuk pentingnya status warna terkait vaksinasi Covid-19

aplikasi-pedulilindungi

Cara menggunakan aplikasi PeduliLinden yang diberkahi dengan pentingnya status warna sehubungan dengan vaksinasi Covid-19.

Aplikasi PeduliLinden adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu pemerintah melacak penyebaran penyakit Coronavirus (Covid-19).

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling berbagi data lokasi selama perjalanan sehingga riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat ditelusuri.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika sedang berada di keramaian atau di zona merah yaitu suatu wilayah atau kecamatan yang telah terdaftar ada orang yang positif terinfeksi Covid-19 atau pasien dalam pengawasan.

Aplikasi ini dirancang untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Pemerintah mendorong masyarakat untuk menggunakan aplikasi PeduliLinden setiap kali hendak memasuki sejumlah ruang publik. Bagaimana cara menggunakan aplikasi PeduliLinden?

Sebelum membahas penggunaan aplikasi PeduliLinde, perlu diketahui bahwa aplikasi sekarang memiliki fitur status vaksinasi yang telah diperbarui sejak Agustus 2021 untuk melihat apakah seseorang dapat bepergian dengan aman.

Rincian lengkap tentang cara menggunakan aplikasi PeduliLinden disediakan di bawah ini, bersama dengan penjelasan berwarna untuk membantu mengidentifikasi status vaksinasi pelancong.

Wisatawan dapat login ke akun aplikasi PeduliLinden atau memasukkan nama lengkap dan nomor tempat tinggal di situs resminya.

Wisatawan dapat login ke akun aplikasi PeduliLinden atau memasukkan nama lengkap dan nomor tempat tinggal di situs resminya.
Wisatawan dapat login ke akun aplikasi PeduliLinden atau memasukkan nama lengkap dan nomor tempat tinggal di situs resminya.

Nanti muncul warna yang menunjukkan status vaksinasi, yaitu hijau, kuning, merah dan hitam. Berikut penjelasannya.

  • 1. Warna hijau berarti Anda telah menerima vaksinasi Covid-19 lengkap, yaitu dua dosis.
  • 2. Warna kuning berarti Anda telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Kerabat dapat melakukan perjalanan ke fasilitas umum dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
  • 3. Warna merah berarti Anda tidak divaksinasi Covid-19. Biasanya warna merah disertai dengan pernyataan siap divaksinasi, lokasi vaksin bisa di fasilitas kesehatan manapun yang melayani vaksinasi Covid-19.
  • Siapapun dengan status vaksinasi merah tidak dapat melakukan perjalanan ke fasilitas umum.
  • 4. Warna hitam berarti seseorang telah dinyatakan positif Covid-19 atau kontak dekat dengan pasien positif.

Orang dengan status vaksinasi hitam tentu tidak bisa bepergian karena harus mengisolasi diri.

Dalam hal pasien positif Covid-19, aplikasi PeduliLinden akan mendapatkan persetujuan pengguna untuk mengakses data pelacakan kontak yang tersimpan di server mereka selama 14 hari terakhir.

Selain itu, pemerintah akan melacak pengguna lain yang pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif dalam 14 hari terakhir berdasarkan data di PeduliLindei.

Bagi yang kontak dekat dengan pasien positif, Peduli Lindeli akan mengeluarkan notifikasi yang menyatakan harus menerapkan protokol kesehatan.

Seperti dikutip dari IndoTrends.Id PR Depok dalam artikel Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLinden, aplikasi PeduliLinden juga memiliki fitur pemindaian kode QR yang harus digunakan sebelum pengguna mengakses fasilitas umum.

Fungsi ini juga harus menentukan status vaksinasi seseorang berdasarkan warna yang masih sama.

Nantinya, kepala fasilitas umum akan menyiapkan kode QR yang akan dipindai di pintu masuk.

Setelah pengunjung mengklik check-in atau login, PeduliLindei mengenali status vaksinasi pemegang akun.

Sumber :

Related posts